fbpixel

Unit Bagian Kemahasiswaan FEB UGM atau yang saat ini telah bertransformasi menjadi Unit Pengembangan Pribadi dan Kesehatan Mahasiswa (Student Wellness and Personal Development Center/SWPDC) merupakan salah satu unit di bawah Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FEB UGM. Resmi didirikan pada tahun 2020, SWPDC memiliki peran penting dalam mendampingi dan mempersiapkan mahasiswa FEB UGM dalam rangka mengembangkan potensi dan kapabilitas mereka.

Sebagai unit penunjang, SWPDC memiliki 5 (lima) area tugas utama yaitu:

  • Kreativitas
    FEB UGM mendukung para mahasiswanya untuk mengembangkan dan mengasah kreativitas melalui partisipasi dalam berbagai kompetisi dan kejuaraan, baik level regional, nasional, dan internasional. FEB UGM melalui SWPDC memfasilitasi pendampingan bagi tim mahasiswa yang akan mengikuti kompetisi.
  • Karakter
    Pengembangan karakter merupakan bagian penting dalam proses studi mahasiswa. Sesuai dengan visi misi FEB UGM untuk mencetak pemimpin yang berintegritas, FEB UGM menyiapkan berbagai program pengembangan karakter, antara lain PPSMB Simfoni, CEO Talk, Training, Mandatory softskill, Non-mandatory softskill, dan Magang (internship).
  • Kesejahteraan
    SWPDC bertugas untuk mendukung mahasiswa dalam mewujudkan kelancaran studi, yaitu dengan memastikan kesejahteraan diri mahasiswa. Berbagai kesempatan menarik ditawarkan oleh mitra dan alumni FEB UGM kepada mahasiswa, salah satunya dengan menyediakan berbagai macam beasiswa. SWPDC menjembatani mahasiswa dalam menyiapkan berbagai keperluan untuk mendukung keberlanjutan studi mereka.
  • Organisasi dan Fasilitas
    FEB UGM mendorong mahasiswa untuk mengasah softskill guna mendukung pengembangan diri mahasiswa melalui kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya pada organisasi kemahasiswaan.
    Saat ini, FEB UGM memiliki 13 organisasi mahasiswa, yaitu Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Badan Penerbitan dan Pers Mahasiswa Equilibrium (BPPM EQ), Badan Perwakilan Mahasiswa(BPM), Jamaah Mahasiswa Muslim Ekonomi (JMME), Persekutuan Mahasiswa Kristen (PMK), dan Komunitas Mahasiswa Katolik (KMK). Terdapat organisasi mahasiswa lainnya yaitu Pecinta Alam Mahasiswa Ekonomi (PALMAE), Global Leadership Forum (GLF), dan Economics Session Band (ESB). Kemudian dalam ranah program studi, FEB UGM memiliki organisasi Ikatan Mahasiswa Akuntansi Gadjah Mada (IMAGAMA), Ikatan Mahasiswa Manajemen Gadjah Mada (IKAMMA), Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (HIMIESPA).
    SWPDC bertugas untuk menjembatani kepentingan mahasiswa dengan Fakultas, mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan, mengkoordinasi penggunaan fasilitas kampus, dan diskusi terkait kegiatan-kegiatan mahasiswa.
  • Konsultasi non-akademik
    Untuk mencetak pemimpin yang berintegritas dan berkarakter, atmosfer perkuliahan yang dibangun baik akademik atau non-akademik haruslah seimbang. Pada atmosfer akademik, FEB UGM telah membangun kurikulum dan manajemen perkuliahan yang baik, terkini, dan didukung oleh pengajar yang berkualitas sehingga kegiatan akademik diharapkan mampu mencetak calon pemimpin bangsa yang terbaik. Selanjutnya, FEB UGM juga memberikan perhatian pada kesehatan mental mahasiswa, serta berbagai permasalahan non-akademik yang dialami mahasiswa dengan memberikan kesempatan untuk berkonsultasi melalui SWPDC, sehingga harapannya konsultasi yang diberikan dapat membantu meringankan permasalahan yang sedang dialami oleh mahasiswa.

Kompetisi dan Magang

Formulir magang, surat pernyataan magang, dan formular kompetisi dapat dapat diunduh melalui tautan ini. Pengajuan magang disampaikan melalui email.

Alamat:

Unit of Student Wellness and Personal Development Center (SWPDC) - Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM
Gedung Ekonomika dan Bisnis, lantai 1 sayap utara
Jln. Sosio Humaniora No.1, Yogyakarta, 55281, Indonesia
Telp. 0274 548510 ext 229/230
HP. +62 8112843884
Email.  Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.