Tim Humas FEB UGM Sabet 4 Kategori Juara dalam Anugerah Humas UGM 2023
- Detail
- Ditulis oleh Adella
- Kategori: Berita
- Dilihat: 1340
Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada (FEB UGM) menorehkan prestasi gemilang melalui pencapaian Unit Hubungan dan Masyarakat (Humas) FEB yang sukses memenangkan empat penghargaan dalam Anugerah Humas UGM Tahun 2023. Dengan tema “Kolaborasi untuk UGM Bereputasi”, penghargaan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi atas keaktifan, prestasi, dan inovasi hasil karya kehumasan di lingkungan UGM, serta menjadi ajang benchmarking antarunit kerja bidang kehumasan di lingkungan UGM. Peserta penghargaan ini melibatkan berbagai fakultas/ sekolah, direktorat, biro, satuan dan kantor, pusat studi, serta unit kerja lainnya di lingkungan UGM.
Mekanisme lomba mengharuskan setiap peserta (unit kerja) untuk menyusun laporan kehumasan yang mencakup strategi komunikasi, termasuk tujuan komunikasi, target khalayak, pesan, perencanaan konten, evaluasi, serta poin-poin dalam kriteria penilaian. Tim juri, terdiri dari akademisi dan praktisi, menilai laporan kehumasan yang dikirimkan untuk menentukan pemenang. Pada Jumat (8/12), FEB UGM berhasil meraih juara pertama dalam kategori pengelolaan Laman, juara pertama dalam kategori Media Sosial TikTok, juara kedua dalam kategori Media Sosial YouTube, dan juara kedua dalam Media Sosial Instagram.
Reyneta Ramdhani, yang akrab disapa Rere, selaku koordinator Tim Humas FEB, mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi ini. Ia menyatakan bahwa keberhasilan tersebut tidak terlepas dari dedikasi dan kerja keras seluruh anggota tim, yaitu admin media sosial, reporter, desainer, serta fotografer/videografer. "Tim kami berhasil mengatasi setiap tantangan yang dihadapi dengan baik, mulai dari tahap riset konten, reviu oleh pimpinan fakultas, eksekusi desain, hingga double checking kredibilitas dan aktualitas informasi," tambahnya. Rere juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dari pimpinan fakultas dan seluruh civitas akademika FEB UGM yang berperan besar dalam proses pembuatan konten.
Rere menilai kunci kesuksesan Tim Humas FEB UGM terletak pada konsistensi, kemampuan menyesuaikan diri dengan tren terkini, dan relevansi dengan isu-isu ekonomika dan bisnis yang sedang berkembang. Meski demikian, ia menyadari perlunya terus melakukan evaluasi untuk perbaikan. "Dalam rangka meningkatkan awareness masyarakat terhadap FEB UGM, kami akan senantiasa berupaya untuk memperbaiki dan mengembangkan berbagai aspek dalam tim Humas. Masukan dan kritik dari masyarakat juga sangat kami harapkan agar kami dapat terus memberikan informasi yang berkualitas dan bermanfaat," tutup Rere.
Cerita Tim Admin: Membangun Prestasi dan Branding FEB UGM Melalui Media Sosial
Tim Admin Humas FEB UGM, terdiri dari Akbar Rahul Muaffan (Manajemen 2020), Christy Early (Ilmu Ekonomi 2021), Nagma Nasywa Assegaf (Akuntansi 2021), dan Rio Agustino Handoyo (Manajemen 2021). Mereka bertugas membuat konten-konten yang menarik untuk meningkatkan awareness FEB UGM melalui media sosial. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengelola serta mempertahankan engagement dengan para pengikut (followers) di berbagai media sosial FEB UGM, antara lain Instagram, TikTok, dan Twitter (X).
Rahul, person in charge (PIC) Instagram, mengungkapkan strategi utama tim dalam menciptakan konten yang menarik. "Melibatkan seluruh civitas FEB UGM dalam pembuatan konten adalah kunci. Dosen, mahasiswa, tenaga pendidik, dan alumni turut mengambil peran dalam menciptakan konten berkualitas yang sesuai dengan branding pendidikan, tetapi tetap diminati oleh audiens," ungkap Rahul. Tim Admin memiliki pendekatan terstruktur dalam perencanaan konten yang cermat, dengan merumuskan content pillar, tujuan, dan menyesuaikan dengan kemungkinan tren yang akan terjadi. "Semuanya harus selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) dan nilai-nilai FEB UGM," tambah Rahul.
Rio, selaku PIC TikTok, mengungkapkan bahwa menghadapi algoritma TikTok yang terus berkembang merupakan sebuah tantangan. "Peningkatan yang perlu terus diupayakan adalah bagaimana kita dapat memahami tren TikTok yang terus berubah dan mampu menyiasatinya dengan menciptakan konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari," ungkapnya. Dalam menjaga keterlibatan pengguna, Tim Admin menggunakan berbagai tools dan metrics untuk memantau relevansi konten. Selain itu, mereka menjalankan quality control yang melibatkan Koordinator Humas dan Gumilang Aryo Sahadewo, Ph.D., Wakil Dekan Bidang Keuangan, Aset, dan SDM FEB UGM untuk memastikan setiap konten yang dihasilkan sesuai dengan standar kualitas dan nilai-nilai FEB UGM.
Cerita Tim Reporter: Mengabadikan Perjalanan FEB UGM dalam Sebuah Tulisan
Tim Reporter Humas FEB UGM, terdiri dari Hayfaza Nayottama (Manajemen 2021), Rizal Farizi (Ilmu Ekonomi 2021), dan Adella Wahyu Pradita (Akuntansi 2022). Mereka bertugas meliput berbagai kegiatan di FEB UGM dan menghasilkan artikel yang informatif, kredibel, dan menarik untuk dibaca di laman resmi FEB UGM. Rizal, sebagai perwakilan Tim Reporter, mengungkapan kegembiraannya atas perolehan juara pertama dalam kategori laman. "Kami terus berinovasi dalam setiap tulisan, termasuk mengintegrasikan informasi yang kami tulis dengan SDGs," ujarnya. Sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas artikel, Tim Reporter secara berkala memantau engagement dan relevansi artikel melalui sejumlah tools, seperti Google Analytics.
Kemenangan ini tidak terlepas dari peran Muhammad Ali Faiq, atau akrab disapa Ali, IT Staf FEB UGM. "Peran kami di SI FEB adalah memelihara laman supaya mudah diakses baik secara langsung maupun melalui mesin pencari," ujar Ali. Beliau mengungkapkan bahwa salah satu tantangan yang dihadapi adalah bagaimana mengemas konten informasi berupa artikel liputan supaya mudah dipahami dan bermanfaat bagi pengguna. Menurutnya, kunci kemenangan ini terletak pada keberagaman konten informasi yang dibuat, desain yang disajikan dengan apik, serta konsistensi dalam menyebarkan artikel melalui jejaring media sosial.
Cerita Tim Fotografer/ Videografer dan Desainer: Menghidupkan Konten FEB UGM melalui Lensa dan Desain Visual
Tim Fotografer/Videografer Humas FEB UGM terdiri dari Zaid Alfarizi (Akuntansi 2021) dan Rizqi Prasetya (Ilmu Ekonomi 2021). Mereka bertugas untuk mengabadikan setiap momen di FEB UGM berupa foto maupun video, yang kemudian digunakan sebagai visualisasi dari konten yang dihasilkan, baik di laman maupun berbagai media sosial FEB UGM. Dalam menjaga kualitas foto atau video, Zaid mengungkapkan bahwa mereka menggunakan kamera/handphone dengan pengaturan standar yang telah ditetapkan. "Kami terus mengembangkan kualitas visual dan konten. Masukan dari berbagai pihak, baik di dalam maupun luar FEB UGM sangat kami butuhkan agar kami dapat terus berinovasi," ujar Zaid.
Sementara itu, Tim Desainer Humas FEB UGM terdiri dari Kilian Arjunata Bratyasesa (Manajemen 2021) dan M. Zaenul Faris (Akuntansi 2020). Desain memegang peranan kunci dalam upaya komunikasi FEB UGM. Desainer bertugas untuk "menghidupkan" konten yang dihasilkan oleh Tim Admin dan Reporter, dalam bentuk visual. "Some posts perform better than others. Kami selalu berupaya untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang membuat suatu konten unggul dan berusaha mengaplikasikannya kepada konten lain yang relevan dan memastikan bahwa kami tidak stagnan," ungkap Kilian saat ditanya mengenai strategi tim desainer. Ia juga mengatakan bahwa Tim Desainer akan terus meningkatkan kapabilitas dalam menghasilkan desain yang menarik, relevan, dan tetap berpedoman pada guide line FEB UGM.
FEB UGM merasa sangat bangga dan mengapresiasi prestasi gemilang yang berhasil diraih oleh Tim Humas! Semoga pencapaian ini dapat menjadi motivasi bagi seluruh anggota tim untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas informasi yang disajikan kepada audiens.
Reportase: Adella Wahyu Pradita