Cara Efektif Meningkatkan Keuntungan Bisnis Bagi UMKM
- Detail
- Ditulis oleh Shofi
- Kategori: Berita
- Dilihat: 11
Keberhasilan sebuah bisnis tidak hanya ditentukan oleh produk yang ditawarkan, tetapi juga bagaimana keuangan dikelola dengan bijak. Hal tersebut disampaikan oleh CEO Sombong Men’s Care by Denny Sumargo, Sultan Ankaraja, S.M., dalam Pelatihan Digitalisasi Bisnis UMKM yang diselenggarakan oleh FEB UGM pada 20 November 2024.
Dihadapan puluhan pelaku UMKM yang berasal dari wilayah DIY dan Jawa Tengah, Sultan menyampaikan materi terkait strategi keuangan dan arus kas. Ia pun menekankan pentingnya manajemen arus kas, penggunaan metrik finansial, serta strategi peningkatan keuntungan bisnis.
“Manfaatnya dapat membantu menjaga kesehatan keuangan dan stabilitas serta mencegah masalah keuangan seperti kekurangan uang tunai dan bangkrut. Selain itu, manfaat lainnya adalah memastikan bahwa mereka memiliki sumber daya yang cukup untuk memenuhi tujuan,” jelasnya.
Dalam sesi ini, Sultan mengajak pelaku UMKM untuk belajar penggunaan metrik finansial, seperti profit margin, return on investment (ROI), dan revenue growth, untuk mengevaluasi performa bisnis di berbagai aspek, seperti likuiditas, solvabilitas, dan efisiensi. Selain itu, pelaku UMKM juga diajak berdiskusi menganalisis studi kasus analisis keuangan untuk mempelajari bagaimana cara meningkatkan efisiensi operasional dan mempertahankan keuntungan dalam berbisnis.
Sultan juga menjelaskan langkah-langkah untuk meningkatkan margin keuntungan perusahaan. Beberapa diantaranya dengan menambah harga produk, menilai pelanggan yang sudah ada, mengurangi produk yang tersedia, menyederhanakan produktivitas, meninjau ulang strategi pemasaran, dan mengurangi beberapa pelanggan.
Ia menyebutkan bahwa margin keuntungan juga dipengaruhi faktor kuantitatif seperti pendapatan penjualan, biaya operasional, harga pokok penjualan, stok barang, dan pajak. Elemen lain yang mempengaruhi penjualan berupa kompetisi pasar, preferensi pelanggan, program pemberian reward, dan kepemimpinan perusahaan.
"Jadi, kalau kita ingin profit margin naik, bukan cuma angka-angka ini yang harus diperhatikan, tapi juga bagaimana kita membaca pasar dan membangun strategi yang tepat," jelas Sultan.
Di akhir sesi, Sultan menyampaikan pesan penting bagi pelaku UMKM untuk memahami aspek keuangan secara menyeluruh. Salah satu langkah krusial yang harus dilakukan adalah membuat proyeksi penjualan.
“Dengan proyeksi ini, kita dapat mengidentifikasi peluang dan potensi risiko dalam strategi penjualan, sekaligus membantu pengambilan keputusan terkait anggaran, produksi, dan pengelolaan sumber daya manusia,” jelasnya.
Reporter: Shofi Hawa Anjani
Editor: Kurnia Ekaptiningrum
Sustainable Development Goals