Mahasiswa Akuntansi Raih Juara 3 Kompetisi Esai #100 Tahun Indonesia Kompas Muda
- Detail
- Ditulis oleh Tyas
- Kategori: Prestasi
- Dilihat: 126712
Esai berjudul "E-Commerce Meluas, Pasar Nyata Mulai Pasang Strategi Baru" yang ditulis oleh mahasiswa Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM, Tyas Hayuwati (Akuntansi 2014), berhasil memperoleh Juara III dalam Kompetisi Esai #100 Tahun Indonesia yang diselenggarakan oleh Kompas Muda, bagian Harian Kompas yang khusus mengisi rubrik #MuDA di surat kabar Kompas. Melalui esainya, Tyas menyampaikan opini atas pengaruh keberadaan e-commerce terhadap eksistensi pasar nyata (pasar tradisional dan mall) saat Indonesia mencapai usia 100 tahun.
Kompetisi Esai diselenggarakan bersamaan dengan Kompetisi Vlog #100TahunIndonesia, pada periode 10 Agustus - 27 Oktober 2017 dengan puncak penganugerahan pemenang pada tanggal 18 Desember 2017 di Kantor Harian Kompas, Jakarta. Kompetisi esai dan vlog yang mengangkat tema utama, industri kreatif, korupsi, birokrasi, dan eksistensi pasar ini, bertujuan untuk melihat pemikiran-pemikiran generasi muda (usia 19-25 tahun) mengenai gambaran wajah Indonesia di usia 100 tahun mendatang.
Dalam kategori esai, setiap peserta diberi kebebasan untuk mengirimkan esai terbaiknya atas salah satu topik yang dikuasai. Penilaian didasarkan pada kriteria kesesuaian tulisan dengan tema, kekuatan argumentasi dan data, pemberian solusi, serta teknik penulisan dan penggunaan Bahasa Indonesia. Para pemenang ditentukan langsung oleh Dewan Juri yang ahli dalam kepenulisan dan warta (berita) seperti Aan Mansyur (penulis), Budiman Tanuredjo (Pemimpin Redaksi Kompas), Savic Ali (Direktur NU Online), Indira Permanasari dan Andreas Maryoto (Wartawan Kompas).
Sumber: Tyas/FEB