Tim Mahasiswa UGM Raih Runner-Up Pada The 15th MIST International Conference di Universitas Indonesia
- Detail
- Ditulis oleh Veronika
- Kategori: Prestasi
- Dilihat: 2290
Mahasiswa UGM yang tergabung dalam Tim Orientaru yang terdiri dari Aditya Laksana Suwandi (Teknik Informatika 2015), Ronald Andika Prasetyo (Management-IUP 2016), dan Veronika Xaveria (Management-IUP 2016 – Double Degree University of Melbourne) berhasil meraih Juara 2 pada The 15th Marketing Insight (MIST) International Conference pada tanggal 24 Februari - 1 Maret 2019 yang diselenggarakan oleh Management Student Society (MSS) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia.
The 15th MIST International Conference terdiri dari rangkaian acara kompetisi, konferensi, seminar dan pelatihan di Indonesia yang memberikan informasi dan wawasan terbaru terkait lingkungan pemasaran di seluruh dunia. Konferensi ini menawarkan tempat untuk para marketer muda dari seluruh dunia untuk saling bertukar ide dan gagasan terkait isu-isu pemasaran terkini. Mengangkat "Human Centric Technology: Think Forward, Embrace Uncertainty, Deliver Growth" sebagai tema besar MIST, tim Orientaru berhasil meraih titel Runner-Up dengan membawakan makalah penelitian yang berjudul "Maximizing Seamless Customer Experience on GO-JEK through Digital Personalization".
Tahapan pertama adalah seleksi makalah penelitian. 15 tim finalis yang berhasil melewati tahapan seleksi akan diundang untuk mengikuti konferensi MIST di Jakarta, Indonesia. 15 tim finalis berasal dari universitas-universitas terkemuka dari dalam negeri seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, dan Universitas Udayana serta universitas luar negeri seperti Victoria University of Wellington dan Ritsumeikan Asia Pacific University. Delegasi tim finalis UGM terdiri dari tim Orientaru dan tim Sembagi Arutala yang beranggotakan Samuel T.M. Silitonga (Akuntansi, 2015), Rakyan Widhowati Tanjung (Akuntansi, 2015), dan Rocky S.P. Silalahi (Manajemen, 2016).
Pada hari pertama, para delegasi konferensi diundang untuk mengikuti Technical Meeting, Informal Session, dan Internal Training oleh Anthony Reza selaku Co-Founder dan CEO GetCraft yang diselenggarakan di JSC Hive Kebayoran. Disini para delegasi memiliki kesempatan untuk saling mengenal satu sama lain. Hari berikutnya merupakan hari presentasi dimana setiap tim diharuskan untuk mempresentasikan makalah penelitian mereka terkait kasus implementasi teknologi pemasaran dalam suatu perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Sesi presentasi diadakan di Greenhouse Coworking and Office Space Jakarta.
Rangkaian acara berikutnya adalah sesi seminar yang diadakan di Auditorium Soeria Atmadja, FEB UI yang terdiri dari 4 sesi. Pembicara sesi 1 yang membahas mengenai "A New World of Speed and Agility" terdiri dari Ari Askhara (CEO of Garuda Indonesia), Danny F. Sondakh (Formal Regional Sales Director SAP, Success Factors and Independent, HR Advisor), dan Gervasius Samosir (Partner at Solidiance). Sesi 2 mengenai "Customer Experience Marks the Spot: Dealing with Unbounded Opportunity" dibawakan oleh Adam Haluska sebagai Head of Marketing at Greenhouse Coworking & Office Space. Sementara sesi 3 membahas topik "Human Disruption and Artificial Intelligence" dimana Ashraf Sinclair (Venture Partner at 500Startups) dan Rudiantara (Minister of Communication and Information of Republic of Indonesia) merupakan pembicaranya. Dan untuk sesi 4 terkait "Think like a Digital Leader on C-Level Perspective", para peserta berkesempatan untuk mendapatkan wawasan dari Agus Nurudin (Managing Director of Nielsen Indonesia) dan Kartika Octaviana (Head of Corporate Communication CoHive Coworking).
Konferensi hari pertama diadakan di Sampoerna Strategic Square dimana para panelis berperan sebagai mentor yang membimbing para delegasi dalam menyelesaikan kasus bisnis yang diberikan oleh Solidiance. Ketiga tim terbaik berkesempatan untuk mempresentasikan solusi kasus mereka di hadapan para panelis juri. Sementara konferensi hari kedua diadakan di Institut Pengembangan Manajemen Indonesia (IPMI) dimana setiap delegasi saling membawakan pemikiran dan opini melalui 3 sesi debat terkait "AIDA Model" dalam pamasaran. Acara dilanjutkan dengan makan malam dan sesi networking pada Social Night di Vin+ Kemang.
Hari terakhir terdiri dari pelatihan oleh Google Analytics Singapore yang membahas mengenai digital marketing dan analytics. Setelah pelatihan, para delegasi diundang untuk menghadiri Gala Dinner and Awarding Night yang diselenggarakan di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta. Pada sesi awarding, tim JMD dari Universitas Indonesia berhasil meraih titel Best Team, tim Orientaru dari Universitas Gadjah Mada meraih titel Runner-Up Team, dan tim Abhinaya dari Institut Teknologi Bandung meraih Second Runner-Up Team.
Sumber: Veronika Xaveria